Senin, 11 Maret 2013

Contoh Latar Belakang Masalah



A.    Latar Belakang Masalah
Dalam upaya menciptakan manusia yang cerdas, terampil dan bertakwa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Guru mempunyai peranan yang penting dalam pendidikan untuk mengupayakan pembelajaran yang aktif, kreatif, bermakna dan menyenangkan.
Keberhasilan proses pembelajaran dapat ditentukan oleh efektif tidaknya strategi pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan harus menguasai setiap materi bahan pengajaran harus menggunakan media, metode yang dapat neningkatkan kualitas proses pembelajaran. Sedangkan media dapat mengurangi  verbalisme siswa.
Selain itu guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang handal dan selalu meningkatkan kualitasnya. Keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh rencana yang disusun oleh guru.
Hasil beberapa tes formatif yang dilaksanakan di kelas IV untuk pelajaran IPA pada semester II tahun pelajaran 2012-2013 dengan materi : hubungan antar satuan waktu. Menunjukan bahwa tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran masih rendah yakni dari 39 orang siswa hanya 16 orang kategori kurang, 5 orang kategori sedang dan 18 orang kategori baik.
Berdasarkan latar belakang diatas dan hasil refleksi awal, penulis dapat mengidentifikasi permasalahan sebagai berikut :
1.    Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil tes formatif mata pelajaran IPA hanya 16 orang kategori kurang, 5 orang kategori sedang dan 18 orang kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, penyusun berkonsultasi dengan supervisor 2, selain itu juga penyusun melakukan refleksi untuk mengidentifikasi kekurangan dari pemebelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri Cisarua IV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;