Rabu, 18 Juli 2012

Kebijakan Kuota 1 Persen Pendaftar Luar Kota Dicabut

SURABAYA, KOMPAS.com - Karena banyak diprotes masyarakat, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya akhirnya mencabut kebijakan kuota 1 persen siswa luar kota untuk penerimaan Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) tingkat SMP maupun SMA.

Menurut Kepala Dispendik Kota Surabaya, Ikhsan, kebijakan tersebut menyusul banyaknya kritik dan saran yang masuk terkait sistem penerimaan siswa baru yang dijalankan tahun ini. ''Kami sangat terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat. Kebijakan tersebut diambil sebagai bagian dari menampung aspirasi yang berkembang di masyarakat,'' katanya dikonfirmasi Senin (25/6/2012).

Pencabutan kebijakan sejak Sabtu (23/6/2012) lalu itu otomatis membuka peluang besar bagi siswa luar kota untuk mengikuti tes penerimaan di RSBI. Tidak hanya siswa luar kota, siswa rekomendasi dalam kota pun bisa mengikuti tes masuk RSBI tanpa ada pembatasan.

''Konsekuensinya, kami akan menambah jumlah kelas untuk tes tulis RSBI maupun pengawas yang akan digelar Selasa (26/6/2012) besok,'' jelasnya.

Peserta tes RSBI tingkat SMA, berdasarkan data Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dispendik Surabaya hingga berakhirnya pendaftaran pukul 14.00, Sabtu (23/6/2012) lalu sudah mencapai 3.906 siswa. Sementara untuk tingkat SMP tercatat 2.871 siswa dalam kota.

Selain itu, untuk rekomendasi seleksi dalam kota SMA RSBI sebanyak 317 siswa, dan luar kota 230 siswa. Kemudian, hasil seleksi SMP RSBI rekomendasi dalam kota dan luar kota terkumpul ada 227 siswa. Rinciannya, 186 siswa SD dari seluruh Surabaya dan 41 siswa adalah hasil seleksi rekomendasi luar kota.

Pembatasan dilakukan lantaran minimnya pagu sekolah negeri di Surabaya dibandingkan dengan jumlah lulusan SD dan SMP. Ini dilakukan untuk memprioritaskan pelajar Surabaya bersekolah di kota sendiri. Banyak wali murid yang memprotes, karena mereka menganggap, kebijakan itu diskriminatif dan melanggar UU yang tidak membatasi warga negara dalam menuntut ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;